Home Berita 55 Sumur di Kediri Tiba-tiba Ambles

55 Sumur di Kediri Tiba-tiba Ambles

337

gelorafm.com – Amin Widodo Kepala Pusat Studi Kebencanaan dan Perubahan Iklim Institut Teknologi 10 November meyakini, amblesnya puluhan sumur warga di Kediri merupakan fenomena alam biasa akibat curah hujan yang terlalu tinggi.

“Tadi malam saya ditelpon teman dan diberikan beberapa data tentang fenomena di kediri ini,” kata Amin, Kamis (27/4/2017) malam.

Awalnya, Amin menduga fenomena ini akibat pergerakan tanah pemicu longsor. Namun, perkiraan ini meleset karena lokasi sumur yang ambles tidak di lereng pegunungan.

“Saya dapat data bahwa sumur di daerah itu cukup dalam. Bahkan kedalaman bibir sumur hingga ke muka air sumur antara 15-17 meter. Jadi memang sumur-sumur yang dalam,” ujar Amin.

Padahal di daerah itu, pada kedalaman tanah tertentu, terdapat timbunan material sisa letusan gunung kelud.

“Saat ini curah hujan kan cukup tinggi, jadi air meresap ke dalam tanah dan air mengalir cukup deras melalui celah-celah pasir di kedalaman tertentu, lantas air masuk ke dalam sumur secara bersamaan, sehingga membuat rongga di sekitar dinding sumur, dan ambles,” kata Amin.

Apalagi, dari data yang ada juga menunjukkan jika rata-rata sumur yang ambles merupakan sumur tua dan diperkirakan dinding sumurnya memang sudah terlalu kuat menahan tanah yang ada di sekelilingnya.

Fenomena air yang muncul dari tengah-tengah dinding sumur ini lazim terjadi di beberapa tempat. Amin mencontohkan di rumahnya di Yogyakarta, yang berjarak sekitar 30 km dari Gunung Merapi, juga pernah mengalami fenomena serupa. Meskipun, saat itu tidak sampai membuat sumur ambles.

“Sumur di rumah saya di Jogja itu, di kedalaman lima meter dari bibir sumur kerap keluar air dari dinding-dinding sumur jika hujan sedang deras,” ujarnya.

Namun, kata dia, penyebab pasti fenomena yang terjadi di Kediri tetap harus dikaji lebih mendalam lagi. “Ini baru dugaan, untuk memastikan kami dalam waktu dekat akan ke Kediri,” kata Amin.

Sekadar diketahui, sebanyak 55 sumur warga di Dusun Nanas, Dusun Dorok dan Dusun Jambean; Desa Manggis, Kediri, tiba-tiba ambles pada bagian dinding sumur.

Amblesnya lingkaran dinding sumur ini menjadikan sumur-sumur warga di daerah itu menyisakan lubang yang cukup besar dan dalam. Sumur-sumur di daerah itu mulai mengalami ambles atau longsor sejak tiga hari yang lalu.(ss/gel)

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here