Home Berita Berkat Dua Gol Suarez Barca Kembali ke Puncak Klasemen

Berkat Dua Gol Suarez Barca Kembali ke Puncak Klasemen

305

gelorafm.com – Barcelona sukses menjalani ujian pada “derby” lokal di markas Espanyol pada Sabtu (Minggu dini hari WIB), meraih kemenangan 3-0 untuk merebut kembali posisi puncak klasemen Liga Spanyol, setelah klub rival Real Madrid sempat menduduki posisi tersebut berkat kemenangan 2-1 atas Valencia pada prtandingan yang dimainkan lebih awal.

Kesuksesan Barca didapat berkat dua penyelesaian tajam dari Luis Suarez dan gol Ivan Rakitic menyusul pergerakan Lionel Messi.

Suarez memaksimalkan operan ke belakang yang buruk dari Jose Manuel Jurado untuk memecah kebuntuan pada menit ke-50, dan Rakitic mengunci kemenangan timnya pada menit ke-76 dengan memanfaatkan umpan tarik Messi setelah pemain Argentina itu merobek pertahanan tim tuan rumah.

Suarez, yang gagal mencetak gol pada lima pertandingan sebelumnya di semua kompetisi, mengambil keuntungan dari kesalahan lini belakang Espanyol dan mengemas gol ketiga dari jarak dekat pada menit ke-87.

Tekanan ada pada Barca setelah Real Madrid mengalahkan Valencia dengan skor 2-1 pada pertandingan yang dimulai lebih awal yang untuk sementara membawa “Si Putih” memuncaki klasemen, dan sang juara bertahan dibuat ketakutan ketika Jurado merangsek masuk area mereka namun melepaskan tembakan melebar ke tiang jauh.

Organisasi permainan Espanyol yang bagus kemudian tersia-siakan ketika Jurado memberikan bola kepada Suarez, yang menaklukkan mantan kiper Real Madrid Diego Lopez dengan sepakan kaki kanan untuk membuka keunggulan sang juara bertahan.

“Menurut saya, kami layak untuk menang karena kami memberikan penampilan serius,” kata pelatih Barca Luis Enrique. “Kami tahu bahwa pada babak kedua, permainan menekan tinggi mereka akan membuat kami menciptakan lebih banyak serangan di depan.”

Barca memuncaki klasemen dengan koleksi 81 angka berkat keunggulan rekor “head to head” mereka atas Real, yang juga mengoleksi 81 angka dan memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.

Marcelo menjadi penyelamat Real Madrid empat menit setelah timnya kemasukan gol penyama kedudukan dari Valencia, yang dibukukan Dani Parejo, yang dapat memberikan hantaman serius terhadap harapan-harapan mereka mendapatkan gelar pertama sejak 2012.

Cristiano Ronaldo mencetak gol pertamanya dalam lima pertandingan liga untuk membawa Real memimpin pada menit ke-27, namun pada babak kedua eksekusi penaltinya digagalkan oleh Diego Alves, yang sepanjang musim ini telah enam kali menggagalkan tendangan penalti.

Valencia memberikan kengerian kepada Real ketika upaya Santi Mina mengenai tiang gawang pada menit pembukaan dan kemudian tim tamu mencetak go melalui tendangan bebas Parejo, mantan pemain akademi Real, yang melanggar Luka Modric untuk membuat Valencia dihukum penalti.

Marcelo mengemas gol penentu kemenangan, bergerak memotong dari sisi kiri dan melepaskan sepakan melengkung melewati Alves dengan kaki kanannya, ketika Real kembali diselamatkan oleh gol larut.

“Saya tidak dapat menjelaskan mengapa kami tetap mencetak gol-gol larut. Hal yang saya tahu hanyalah bahwa hal ini menyenangkan, hal ini indah,” kata pelatih Zinedine Zidane kepada para pewarta.

Atletico Madrid melakukan pemanasan untuk leg pertama semifinal Liga Champions melawan Real dengan menghancurkan tuan rumah Las Palmas dengan dua gol dari Kevin Gameiro dan gol-gol dari Saul Niguez, Thomas Partey, dan Fernando Torres.

Bagaimanapun, ini bukan pertandingan mudah bagi pasukan Diego Simeone, di mana mereka kehilangan Jose Gimenez karena cedera, menambahi absennya sesama pemain bertahan Juanfran dan Sime Vrsaljko untuk pertandingan Selasa di Santiago Bernabeu.

Laju enam musim secara beruntun Granada di Liga Spanyol berakhir menyusul kekalahan 1-2 di markas Real Sociedad, membuat pasukan Tony Adams tertinggal sepuluh angka dari zona aman dengan tiga pertandingan tersisa. Mereka akan bergabung dengan tim juru kunci Osasuna di divisi kedua musim depan.

Levante mengunci kembalinya mereka ke kompetisi tertinggi 11 bulan setelah terdegradasi, dengan menang 1-0 atas Real Oviedo.(ant/gel)

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here