Home Berita Besok, 75 Peserta Ikuti Parade Budaya dan Bunga

Besok, 75 Peserta Ikuti Parade Budaya dan Bunga

393

gelorafm.com – Parade budaya dan bunga (culture parade & flowers) sebagai rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-724, akan berlangsung Minggu (7/5/2017) pagi.

Pemkot Surabaya sebagai penyelenggara acara memastikan, agenda tahunan ini akan menampilkan iring-iringan mobil hias dan kesenian lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Jumlah peserta Parade Budaya dan Bunga tahun ini bertambah. Tahun ini, ada 75 peserta parade. Sementara pada parade 2016 lalu, hanya 50 peserta.

“Kami perkirakan, peserta masih akan bertambah,” ujar Widodo Suryantoro Kepala Dinas Kebudayaan dan Parwisata Surabaya di Humas Pemkot Surabaya, Kamis (4/5/2017).

Dia mengatakan, 75 peserta tersebut antara lain terdiri dari 45 mobil hias, 24 parade budaya, dan enam drumband.

“Kami memperkirakan, iring-iringan parade ini bisa mencapai lima kilometer,” katanya di Humas Pemkot Surabaya, Kamis (4/5/2017).

Seperti tahun sebelumnya, peserta tidak hanya dari Surabaya, juga dari kota-kota lain, serta perwakilan dari sister city Surabaya.

Peserta dari kalangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD hingga BUMN, juga turut serta. Termasuk dari berbagai komunitas di Surabaya.

Tahun ini, rute parade lebih panjang dari tahun lalu. Start dari Tugu Pahlawan, finish di Taman Bungkul. Panjang rute diperkirakan mencapai kurang lebih 5,3 kilometer.

Rute yang sama pernah diterapkan pada ajang Parade Budaya dan Bunga 2015 silam.

Widodo mengatakan, rute ini dipilih karena acara ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB, diperkirakan berakhir tengah hari.

“Karena parade budaya dan bunga ini digelar hari Minggu, Car Free Day (CFD) di Jalan Raya Darmo akan dipercepat agar kendaraan bisa melintas. Raya Darmo sisi Barat rencananya dibuka lebih cepat sekitar pukul 08.00 WIB,” katanya. (den

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here