Home Berita Kartu Tani Bisa untuk Dapatkan Subsidi Pupuk

Kartu Tani Bisa untuk Dapatkan Subsidi Pupuk

330

gelorafm.com – Pemerintah meluncurkan kartu tani untuk integrasi data pertanian. Kartu tani adalah program yang diluncurkan oleh Pemerintah pusat melalui Kementrian Perdagangan yang bekerjasama dengan kementrian BUMN untuk penyaluran pupuk bersubsidi. Setiap petani punya kuota subsidi pupuk masing-masing, sesuai dengan Rencana Dasar Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Ahmad Djupari mengatakan, fungsi dari Kartu Tani sendiri adalah untuk mempermudah para petani untuk mencairkan pupuk bersubsidi. Rencananya, setiap petani akan mendapat subsidi pupuk setiap tahunnya. Pemerintah menargetkan total 165.000 petani yang mendapatkan kartu tani di Kabupaten Bojonegoro.

“Untuk pencetakan kartu sendiri berada di Bank BNI, dari Disperta hanya melakukan pendataan langsung diserahkan ke BNI,” ujarnya.

Terpisah Kepala Cabang BNI Cabang Bojonegoro, Rachmat Muji Widodo mengatakan, Kartu Tani yang diluncurkan dari pemerintah pusat bisa digunakan untuk petani memperoleh pupuk subsidi. Dengan kartu tani tersebut petani dapat mendatangi kios distributor untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

“Jatah pupuk yang bisa dijatahkan petani dari kios bisa dilihat dari mesim ekektronik data capturing yang diberikan dari BNI,,” ujarnya.

Selain mendapatkan kartu tani, petani juga mendapatkan buku tabungan dari bank BNI. Dimana buku tabungan tersebut tidak ada biaya adminstrasinya. “Saat ini sedang proses pengumpulan petani di kecamatan untuk melengkapi data,” imbuh Rachmat. (bb/gfm)

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here