Home Berita Kelompok Tani Mulyo Desa Rahayu Gelar Tradisi ” Pleretan “

Kelompok Tani Mulyo Desa Rahayu Gelar Tradisi ” Pleretan “

76

gelorafm.com – Warga desa Rahayu dusun Kayunan kecamatan Soko kabupaten Tuban khususnya yang tergabung dalam kelompok tani ” Tani Mulyo ” pagi ini Sabtu 25 Januari 2020 menggelar tradisi Pleretan yang merupakan Wujud¬†¬†syukur atas berkah pada musim tanam padi tahun ini.

Sejumlah warga yang memiliki garapan padi, pada hari ke-40 selepas musim tanam mengadakan syukuran ( Pleretan ). Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun sejak nenek moyang terdahulu, bertepatan ketika padi mulai berisi.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua kelompok tani ” Tani Mulyo ” Kamsiadi.

” Kegiatan ini bertujuan untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan berkah sehingga para petani bisa panen dengan hasil yang menggembirakan serta harapan para petani supaya terhindar dari segala jenis penyakit tanaman hingga panen nanti, ” ujar pria yang juga ketua BPD desa Rahayu.

Sekedar informasi bahwa Pleret adalah sejenis panganan tradisional yang berbahan dasar beras. Yang merupakan simbol dari Sri atau padi. Mula-mula beras digiling dijadikan tepung dan diolah sedemikian rupa, hingga menghasilkan bentuk menyerupai kelopak bunga mawar. Tidak lupa makanan yang serupa bunga tersebut memiliki aneka warna cerah nan apik.

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here