Home Berita Kemdikbud: 1,8 Juta Siswa Ikuti UN SMA

Kemdikbud: 1,8 Juta Siswa Ikuti UN SMA

360

gelorafm.com – Sebanyak 1,8 juta siswa sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) mengikuti ujian nasional (UN) yang dimulai pada Senin.

Sebanyak 1.812.035 siswa tersebut berasal dari 20.557 sekolah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 10.905 sekolah atau 667.741 peserta mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan 9.652 sekolah atau 1.144. 294 peserta mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud),  Nizam,  di Jakarta mengatakan pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMA berjalan lancar,  karena soal – soal untuk SMA lebih sederhana dan tidak menggunakan video animasi.  Sehingga bisa diakses berbagai komputer dengan raga spesifikasi yang berbeda.

Pada UN 2017 untuk tingkat SMA, hanya ada empat mata pelajaran yang diujikan , yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris , dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan . Siswa dibebaskan memilih satu di antara tiga mapel dalam jurusannya sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here