Home Berita Nikmati Rasa manis belimbing di Wisata Agro Belimbing

Nikmati Rasa manis belimbing di Wisata Agro Belimbing

362

gelorafm.com – Salah satu destinasi wisata di Bojonegoro adalah Wisata Agro Belimbing di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu. Rasa manis belimbing bisa menjadi pelepas dahaga di saat matahari sedang panas.

Saat ini penjual sengaja mengobral buah belimbing berukuran kecil dengan harga Rp10 ribu untuk 3 kilogram. Para pengunjung juga bisa petik sendiri atau membeli langsung pada gerai-gerai petani yang mirip gasebo. Harga belimbing ukuran besar antara Rp7.000 hingga Rp 9.000 perkilogramnya, tergantung ukuran dan kualitas.

“Yang kecil cuma Rp10 ribu dapat tiga kilo, kalau yang besar Rp8.500 per kilo,” ujar Ika salah seorang penjual.

Para pengunjung bisa menikmati sejuknya kebun belimbing milik petani. Mereka bebas memetik, memilih buah dan membawa pulang setelah ditimbang. Belimbing Ngringinrejo terasa segar dan banyak kandungan airnya.

Pengunjung pun bisa sekadar piknik, menikmati makanan yang dibawa dari rumah sambil lesehan di bawah rindangnya pohon belimbing. Mereka juga bisa memanfaatkan gasebo-gasebo yang telah tersedia untuk melepas penat.

Kebun belimbing seluas 20,4 hektar itu juga bisa dimanfaatkan menjadi sarana edukasi, apalagi kini juga tersedia bumi perkemahan. Selain di kawasan agrowisata, ada pula tanaman belimbing yang dikembangkan di pekarangan warga, tetapi jumlahnya paling banyak 10 pohon.

Kepala Desa Ngringinrejo, Mochammad Syafi’i menyebutkan, keberadaan kebun belimbing di desanya berdampak pada penghasilan warga, bukan hanya petani. Setiap hari, minimal ada 100 pengunjung. Bahkan, pada akhir pekan atau hari libur, bisa lebih dari 1.000 pengunjung.

Di kawasan itu ada 36 pedagang kaki lima yang turut kecipratan berkah adanya kebun belimbing. Selama dua tahun terakhir, pengunjung yang masuk ke kawasan agrowisata belimbing dikenai retribusi Rp2.000 per orang. Retribusi itu digunakan untuk pemeliharaan, kebersihan dan kas desa. Apalagi, kebun belimbing bisa dikatakan tidak pernah sepi.(bb/gel)

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here