Home Berita Pagelaran Wayang Kulit Mempesona Masyarakat Rusia

Pagelaran Wayang Kulit Mempesona Masyarakat Rusia

416

gelorafm.com – Pertunjukan wayang kulit oleh Eddy Pursubaryanto Dalang di Festival Indonesia di Moskow yang berlangsung 4-6 Agustus 2017 membuat masyarakat Rusia terpesona.

Pertunjukan unik wayang kulit itu memikat masyarakat Rusia. Beberapa pengunjung berkomentar, budaya mereka sama sekali tidak mengenal wayang. Tapi beberapa di antara mereka mengaku, sudah pernah mendengar kata dan melihat gambar wayang, tetapi tidak tahu bagaimana bentuk pertunjukannya.

Dua hingga tiga kali pertunjukan wayang dan “workshop” mengenai pewayangan ini setiap harinya selalu dipadati masyarakat Rusia. Mereka berdatangan ke festival yang digelar di Taman Hermitage seluas enam hektare di jantung kota Moskow ini.

Eddy Pursubaryanto, Dalang yang sehari-hari juga mengajar di Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya UGM Yogyakarta menampilkan atraksi wayang dengan kisah Ramayana. Dia juga memberikan workshop tentang wayang dan bagaimana menjadi dalang.

Masyarakat Rusia tampak terkesima. “Masyarakat Rusia tidak mengenal wayang, tetapi mereka bertahan menyaksikan pertunjukan,” kata Eddy kagum, Minggu (6/8/2017).

Eddy yang telah berpengalaman menjadi dalang dalam pertunjukan wayang di berbagai negara, antara lain, Australia, Malaysia, Korea, hingga AS membawakan atraksi wayang itu dengan piawai. Beberapa keluarga Rusia bahkan membawa anak-anak mereka menyaksikan pertunjukan wayang yang diterjemahkan ke Bahasa Rusia itu.(ant/gfm)

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here