Home Berita Sebanyak 99 Ribu Santri akan Ngaji Kitab Kuning Bareng di GOR Sidoarjo

Sebanyak 99 Ribu Santri akan Ngaji Kitab Kuning Bareng di GOR Sidoarjo

488

gelorafm.com – Puluhan ribu santri dari berbagai daerah akan mengaji kitab kuning saat perayaan Hari Santri Nasional (HSN) yang digelar di lapangan Gelora Olahraga Delta Sodoarjo, pada Minggu (22/10/2017).

Rizza Ali FAizin, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sidoarjo mengatakan, jelang pelaksanaan HSN yang kurang satu pekan jumlahnya sudah mencapai sekitar 99 ribu santri dari berbagai pondok pesantren dan sekolah yang sudah mendaftar mengikuti pengajian kitab kuning.

Hal ini diluar prediksi dari panitia, karena target awal hanya 21 ribu peserta untuk masuk dalam kategori Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk mengaji membaca kitab kuning di HSN.

“Antusias yang ingin ikut ternyata melebih target. Sekarang sudah mencapai sekitar 99 ribu peserta. Hal ini ternyata membuat Presiden (Joko Widodo) tertarik untuk hadir di HSN yang digelar di Sidoarjo, karena ngaji kitab kuning ini melebihi target dan masuk dalam MURI,” kata Rizza Ali Faizin, Sabtu (14/10/2017).

Menurut dia, kitab kuning yang dibaca oleh santri itu nantinya itu adalah Nashaihul `Ibad karya dari Syekh Imam Nawawi Al-Bantani. Kitab tersebut sangat populer, dikenal dari seluruh seluruh dunia, baik Timur Tengah, dan Asia. Bahkan di Indonesia menjadi rujukan dari kalangan madrasah diniyah dan pesentren.

“Selain Presiden (Joko Widodo). Itu nantinya, yang ikut membaca kitab kuning langsung Kyai Ma`ruf Amin cicit dari Syekh Imam Nawawi Al-Bantani yang merupakan Imam Masjidil Haram,” ujarnya.

Sementara itu, dalam acara HSN pada 22 Oktober itu nanti juga akan dimeriahkan band dari IPNU, IPPNU, dan grup Wali Band. (ss/gfm)

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here