Target PSSI agar Timnas U-16 dan U-19 Melenggang ke Piala Dunia 2019

Target PSSI agar Timnas U-16 dan U-19 Melenggang ke Piala Dunia 2019

45

gelorafm.com – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menargetkan Timnas Indonesia U-16 dan U-19 masuk empat besar Piala Asia (AFC) agar bisa melenggang ke Piala Dunia U-17 dan U-20 FIFA 2019.

Edy Rahmayadi Ketua Umum PSSI menyampaikan hal ini selepas pertandingan Indonesia melawan Filipina di laga perdana grup A, AFF U-16 2018, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (29/7/2018) malam.

Dua kejuaraan resmi FIFA dua tahun sekali itu memang mensyaratkan pesertanya lolos empat besar kejuaraan sepakbola di masing-masing konfederasi. Piala Dunia U-17 akan digelar di Peru, sedangkan U-20 di Polandia.

“Bukan hanya U-19 saja yang kami evaluasi, U-16 juga, terkhusus yang ke depan ini masih main AFC di Malaysia U-16, termasuk di Indonesia, juga main U-19. Kami berharap bisa di empat besar, maka kita bisa ke Piala Dunia 2019,” kata Edy.

Menurutnya, kans Timnas Indonesia U-19 di AFC cukup besar karena Indonesia menjadi tuan rumah pada kejuaraan kali ini. Karena itu, Edy terus melakukan evaluasi terhadap Timnas U-19, terutama setelah tim itu gagal mencapai Final di laga AFF kemarin.

“Maka kami terus evaluasi mulai skill dan mentalnya. Doakan sama-sama. Saya minta masyarakat Indonesia beri masukan agar anak-anak kita bisa mewarnai dunia,” katanya.

Edy mengatakan, sebenarnya banyak hal yang harus diperbaiki di tubuh Timnas U-19. Dia menilai, kekuatan Indonesia berada di rata-rata hampir seimbang dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

“Kami sudah evaluasi dalam waktu dekat semoga ada perubahan,” katanya.

Edy juga menyinggung persiapan Timnas Senior yang butuh penataan ulang mulai pelatih hingga para pemainnya. Dalam waktu dekat akan dilakukan seleksi baik pelatih maupun pemain.

Menurut Edy, nasib Luis Milla akan dilihat dalam penampilan Asian Games mendatang. Hal itu menjadi pertimbangan untuk direkrut lagi atau tidak.

“Timnas Indonesia senior akan kami lakukan seleksi baik itu pelatih maupun pemain. Dalam waktu dekat. Luis Milla tergantung di Asian Games nanti, bagaimana hasil dia melatih selama dua tahun ini,” katanya.

Editor : Arie Gelora

SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY