Home Berita Wabup Tuban Beberkan Kisi-kisi Soal Tes Calon Perangkat Desa

Wabup Tuban Beberkan Kisi-kisi Soal Tes Calon Perangkat Desa

131

gelorafm.com – Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein membeberkan ruang lingkup soal tes perangkat desa yang bakal diberikan kepada calon perangkat desa.

“Soal yang akan disajikan di antaranya tentang pemerintahan, hukum, pendidikan, agama, dan pengetahuan umum lainnya,” ujar Noor Nahar seusai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD Tuban.

Soal ini nantinya akan diberikan pada calon perangkat desa berasal dari berbagai instansi, mulai dari Dipemas-KB, Dinas Pendidikan, Kabag Hukum, dan berbagai instansi lainnya. “Yang pasti kita akan membuat soal bervariasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan alasan mengapa pembuatan soal tersebut tidak menggandeng pihak ketiga. “Karena tak dianggarkan pada APBD 2017. Selain itu, hal itu juga mengacu pada pengalaman beberapa pengisian perangkat desa pada beberapa tahun yang lalu. Tahun kemarin kita tidak menggandeng pihak ketiga, jadi tahun ini ya tidak,” kata mantan Ketua PCNU Tuban itu.

Wabup juga menampik, jika Pemda telah mengambil alih kewenangan desa dalam membuat soal calon perangkat desa.

“Soal tes disamakan karena membutuhkan kesamaan demi mendapatkan kualitas perangkat desa yang sesuai harapan. Kita juga sudah berusaha mengantisipasi peserta titipan. Makanya kita buat transparansi dan terbuka,” pungkasnya.

Editor : Arie Gelora

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here